Senin, September 01, 2014

surat untuk sahabat


Sahabatku, ingatkah kamu suatu ketika sekitar pertengahan tahun 1990/1991, waktu itu aku sudah kelas satu SMP, aku dan keluargaku berwisata ke pantai Pangandaran,secara kebetulan kita bertemu disana, tidak banyak kesan, sekedar basa - basi karena masih satu sekolah. mungkin juga aku yang minder karena aku bukan dari SD unggulan sepertimu, tapi hanya sekolah negeri, inpres lagi :) Kalaupun bertemu dikantin atau dikoridor sekolah juga sekedar say hello. 
Singkat cerita, sampai akhirnya kita naik kelas 3 dan kelas mulai dipecah, rasanya sedih banget karena harus berpisah dengan teman-teman yang sudah dua tahun bersama-sama karena selama ini kelas tidak pernah dipecah,jadinya nyaman banget kan? dan sekarang ada kenyamanan yang terusik (begitu yaa..hahaa) dan aku salah satu yang harus hengkang dari zona nyaman kelas C dan terpaksa  "terdampar" di kelas A.. olalaaa... mampusss aku ngga punya temen ... dan benar saja sebagian teman pindahan dari kelas C bukan yang dekat hubungannya secara pribadi denganku #hff
Hari itu rasanya sedih banget, BT (dulu belom ada loh istilah BT hehe ) aku mulai memasuki kelas baruku .. tanpa teman yang nyaman, begitu pikirku. Setelah tengok kiri kanan, ada bangku kosong dan.. #ups .. mati deh kalo musti duduk sama dia..  aku bergumam dalam hati : Tuhan, kenapa aku harus duduk dekat dia.. aku ngga PD kali Tuhan.. (hahaha doa terkonyol) tapi apa yang terjadi ? sambil tersenyum kamu : eh Rie, duduk sini aja ? #gleg# sambil malu-malu aku akhirnya duduk sebangku sama kamu .. duuhhh legaaaa tapi tetep ngga PD haha
Ada banyak sekali cerita seru dikelas .. ternyata kamu pribadi yang iseng yaa..  aku masih inget bahkan kalo kita ketemu, keisengan ini masih saja lucu untuk diceritakan .. >> dari belakang kelas tau - tau kamu ngakak .. aku kebingungan, krn salah satu temen kita teriak sambil mengeluarkan sumpah serapah .. selidik punya selidik ternyata batu kerikil kamu bungkus pake bekas kulit permen pindypop (permen jadul deh haha) terus kamu kasih ke si "teman" ini .. ngga pake liat liat lagi langsung telen.. dannn owww keras... yaa iyalah.. batu kerikil lo lawan.. hahahahaa.
Satu tahun tanpa terasa, akhirnya kita lulus.. aku masih tetap di Gombong kota tercinta, dan kamu melanjutkan SMA di Jakarta. hubungan pertemanan kita masih tetap terjalin walaupun hanya lewat surat. karena aku ngga punya telpon dirumah. Satu - satunya cara kita berkomunikasi ya hanya lewat surat. ada satu yang aku tetep ingat dari cara kita berkirim surat.. kamu akan menempelkan lem yang tebal diperangko kamu, nanti kalo sudah sampe perangko penuh lem itu aku cuci, selanjutnya perangko itu aku pakai untuk membalas suratmu.. (itu tidak baik yaa..hehe) tapi kita lakukan karena kamu paham betul kondisi keuangan keluargaku.. hehee , kalau inget masa - masa itu rasanya seneng.

Sahabatku, sudah hampir seminggu sejak kepergianmu, rasa kehilangan masih terus menguasai pikiranku. Rasanya masih tidak percaya dengan apa yang sudah terjadi, bahwa Tuhan telah menjemputmu menuju RumahNya yang Abadi. seperti yang selalu kamu khawatirkan selama ini.
Bagi sebagian orang, perasaan kehilanganku mungkin terlalu berlebihan, tapi tahukah kamu ? inilah yang aku rasakan. aku sungguh - sungguh kehilangan seorang sahabat yang baik, sahabat yang sangat bersahaja.
aku bahkan pernah berujar : Lus, kalau kamu "sombong" mungkin aku ngga akan bisa temenan deket sama kamu, aku ngga PD, takut ngga kelas kalo ngobrol sama kamu
dan dalam kesahajaannya kamu menjawab : lhaa mak (kamu memanggilku mamak ..hehe) apa yang mesti disombongkan, harta titipan .. kita pulang ngga bawa apa - apa. 

Sahabatku tahukah kamu .. bahwa ada penyesalan ketika diakhir waktumu, aku bahkan tidak sempat menanyakan keadaanmu. maafkan aku disaat libur lebaran kemarin sebetulnya kamu berusaha menghubungi aku, namun karena kondisiku sedang sibuk dengan anak - anak aku kurang merespon bbm yang kamu kirimkan dan akhirnya kita hanya berbalas pesan di facebook. karena hampir tiga bulan aku tidak mempunyai asisten rumah tangga, yang membuat aku selalu kehabisan tenaga untuk sekedar ngobrol dengan sahabat - sahabatku. 

Sahabatku tahukah kamu.. aku kangen waktu kita ngobrol tentang banyak hal, tentang anak - anak (perhatianmu pada si sulung anakku Theresia yg agak ndut hehe, membuat aku merasa dihargai) tentang masakan dan resep terbaru (kamu janji mau ajarin aku bikin bakso sehat tanpa obat yg udah kamu bela - belain kursus .. hehe), tentang temen - temen sekolah kita dulu dan ini obrolan paling seru.. kita selalu memberi julukan temen-temen dan cuma kita berdua yang tau hahaha, tentang suami - suami kita yang tegak lurus dan ngga ada romantis - romantisnya haha, juga tentang cem - ceman kita jaman muda, generasi kita menyebutnya cem-ceman kalo sekarang apa yaa.. gebetan ? hahaa.. semua sangat membekas dihatiku.

Sahabatku, maafkan aku jika aku belum mengucapkan selamat jalan untukmu, karena jauh didasar hatiku, kamu masih ada disana.
aku ingat ketika kamu sempat merajuk pada Tuhan tentang cobaan yang kamu alami, betapa berat salib yang harus kamu panggul, dimana Tuhan telah memberimu anugerah yang sangat indah namun Tuhan juga memberimu cobaan yang kamu rasa sangat tidak adil.
Sesekali kamu sempat berujar : apa salahku .. aku tidak pernah berbuat jahat, aku bahkan tidak pernah meninggalkan Tuhan.. tapi Tuhan memberiku cobaan yang begitu berat. dan aku hanya bisa bilang kalau semua pasti ada hikmahnya, semua karena Tuhan peduli, Tuhan sayang, Tuhan menguji supaya kita naik kelas. hanya itu kata penghiburan yang selalu aku ucapkan tiap kali kamu merasa sedih.

Tepat dihari ulang tahunku 28 Agustus, kabar duka kuterima.. kamu berpulang didalam NamaNya

Sahabatku, kamu adalah inspirasi bagi banyak orang..
kamu adalah sosok yang sangat bersahaja, tegas, dan sangat baik.

tidak hanya aku, ada banyak kerabat dan handai taulan sangat kehilangan dengan kepergianmu


Luciana Netty .. Selamat Jalan Sahabatku .. 

#menatap langit, berharap kamu tersenyum disana#


Jakarta, 01 September 2014









Tidak ada komentar:

Posting Komentar